[Pic: bbc.com] |
I.G.A Ayu Brenda Yanti
Pegiat Sanglah Institute
Beberapa waktu belakangan ini, dunia
perfilman dihebohkan oleh kemunculan salah satu serial terbaru dari Netflix
yang berjudul Squid Game. Serial ini
berhasil meraih 111 juta penonton kurang dari empat minggu pasca debutnya. Maka
tak heran, Chief Content Officer (COO) Netflix Ted Sarandos, menobatkan Squid Game sebagai serial terpopuler
sepanjang masa di jagad Netflix.
Squid
Game merupakan salah satu serial film asal Korea Selatan karya
sutradara Hwang Dong Hyuk. Serial ini bercerita mengenai permainan bertahan
hidup yang diikuti oleh sejumlah orang demi mendapatkan hadiah 45,6 Milyar Won.
Ada banyak hal yang membuat film ini menarik dan ikonik, seperti permainan
anak-anak yang dimainkan, diversitas karakter, drama kehidupan yang disuguhkan,
dan juga tentunya maskot terpopuler mereka, yakni boneka anak perempuan yang
dapat mendeteksi gerak di permainan pertama.
Melejitnya popularitas Squid Game semakin menaikkan nama Korea
Selatan sebagai negara penghasil film drama/serial dengan cerita epik.
Mendunianya nama Korea Selatan tampaknya sarat dengan muatan “glokalisasi”. Menurut
George Ritzer (2014), glokalisasi adalah salah satu bentuk perbaduan budaya
antara budaya lokal dengan budaya global yang membentuk sebuah realitas baru.
Dalam kasus Squid Game, budaya lokal
yang dimaksud adalah industri film Korea Selatan dan permainan tradisional di
dalam film tersebut, sementara budaya globalnya adalah Netflix itu sendiri.
Budaya global sering diidentikkan dengan budaya Barat, sehingga produk yang
datang dari budaya Timur dapat digolongkan sebagai bagian dari budaya lokal.
Di ranah yang agak berlainan, contoh
sederhana dari glokalisasi adalah menu-menu makanan khas Indonesia yang
disajikan di rumah makan cepat saji seperti McD atau KFC. Tidak jarang setiap
hari kemerdekaan RI mereka mengeluarkan menu-menu dengan cita rasa khas
Indonesia seperti burger balado, ayam goreng gulai, es krim rasa cendol,
atau kue rasa klepon.
Adopsi nilai-nilai global ini menunjuk
pada upaya untuk menyeimbangkan antara budaya global dengan budaya lokal, seringkali
masyarakat baru mau menerima unsur kelokalan ketika suatu entitas disisipi
unsur global yang bersifat universal.
Sebelumnya, strategi glokalisasi sudah
berhasil dilakukan Jepang melalui industri film animasinya (anime), dan juga makanan-minuman khas
mereka seperti sushi, ramen, sake, dan lain-lain. Hal ini berdampak pada
semakin dikenalnya nama Jepang berikut beragam budayanya. Langkah ini tampaknya
diikuti oleh Korea Selatan melalui industri musik dan perfilmannya.
Kurang dari dua dekade, Korea Selatan
berhasil memperkenalkan K-Pop, K-Drama, hingga kuliner-kuliner mereka ke
seluruh penjuru dunia. Padahal apabila melihat kilas balik di awal tahun 2000-an,
tidak banyak orang yang tahu apa itu kimchi,
tteokbokki, atau ramyun. Tetapi
sekarang, rumah makan Korea sudah menjamur dari yang tanpa bintang hingga berbintang
lima. Semua ini berkat K-Drama (drama Korea) yang menayangkan para tokohnya
menyantap makanan-makanan tersebut dengan sangat nikmat.
Tidak menutup kemungkinan Indonesia
nantinya dapat menyusul langkah Jepang dan Korea Selatan yang telah dahulu
mendunia, melihat banyaknya potensi-potensi budaya yang dapat kita promosikan.
Tantangannya sekarang adalah, ‘apakah orang-orang muda Indonesia masih memahami
budaya mereka untuk bisa memromosikannya ke seluruh dunia?’
Referensi;
Braindilog
Sosiologi Indonesia. 2017. Problematika
Glokalisasi di Indonesia : Melestarikan Vs Menghilangkan Budaya Indonesia. Diakses
dari: http://www.braindilogsociology.or.id/2017/02/problematika-glokalisasi-di-indonesia.html
CNNIndonesia.
2021. Squid Game Resmi Jadi Serial
Terpopuler Netflix. Diakses dari: https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20211013070754-220-706979/squid-game-resmi-jadi-serial-terpopuler-netflix
Nugroho,
Wahyu Budi. 2021. Sosiologi Kehidupan
Sehari-hari. Yogyakarta:Penerbit Egaliter.
Ritzer,
George. 2014. Teori Sosiologi Modern. Jakarta:
Prenadamedia Group
The
Guardian. 2021. Squid Game Is Netflix’s
Biggest Debut Hit, Reaching 111m Viewers Worldwide. Diakses dari: https://www.theguardian.com/tv-and-radio/2021/oct/13/squid-game-is-netflixs-biggest-debut-hit-reaching-111m-viewers-worldwide
0 Comments:
Post a Comment