TOKOH SENI SPOON INDONESIA
bapaknya
mati di instagram
dan ia
mengudara 24 jam
membacakan
puisi-puisi sedih
yang ditulis
bapaknya ketika tiada
di dunia
fana
meronta-ronta
suaranya
seperti laju
kuda
yang
disodomi seekor domba
rekan-rekan
pendengar bolehlah berdoa
tapi jangan
sependek antara buitenzerg dan
chirebon
panjang-panjangkan
sepanjang
tapak kaki di antara saffa dan
marwah
sebab
bapaknya yang mati, sudah hidup lagi
dan kembali
menulis puisi
ia akan
mengudara, selalu mengudara
melantunkan
sajak demi sajak
rekan-rekan
pendengar bolehlah mengirim
sebiji-dua
biji doa
dalam bentuk
pulsa
yang telah
dikoinkan
sekian
dari kami,
yang bertemu
bapak
di sana
2020
GIGI KELINCI
setelah
jenuh jadi bidadari
bayu dan
gigi kelincinya
kembali ke
hidupnya
menjadi
manusia sebagai waria
yang terus
berhijab dan berhijab
dari
mimpi-mimpi buruk
ia taruh doa
kuatnya di rantang
ia taruh
mimpi besarnya
untuk terus
hidup dan hidup
sebagai
waria ibukota
meski
trombositnya kadang mengeluh
ususnya pun
ingin keluar
dalam lagu
ke sekian
bayu akan
terus merawat bayi-bayinya
dalam jutaan
lagu di saat lampu merah
sekali saja
kau dikedipnya
pukaunya
akan selamanya
2020
HANA KEPADA BAPAK WIRANTO
kepada bapak
wiranto yang merasyucki jiwa
hana memeram
bara api di dadanya
yang kecil
dan rapat
dengan
doa-doa yang terselip di buku-buku
ekonomi
hana mencuci
hati pak wiranto yang sedikit
busuk
dengan
banyak-banyak minum antimo
dan
menghitung biji kuaci
hana ke laut
memilih
ombak dan riak
sambil
memilih mana batu bata mana batu
nilakandi
dan
melemparnya ke muka bapak kita
tentu saja,
bapak kita tak mau terima
diaturnya
siasat dan lagu-lagu purba
lagu penuh
diorama
lagu bahagia
seperti
chuba di tangan anak TK
hana ketawa
saja
dan
melanjutkan cita-cita
jadi sarjana
ekonomi
ia ingin
menghapus kemiskinan!
2020
Tags:
co-Pegiat
...Adalah Sebuah Lingkar Studi; Adalah Sebuah Institut Untuk Pengkajian Dan Pengembangan Kajian-Kajian Bernuansa Mikrososial. Sanglah Institute (SI) Meyakini Potensi Kreatif Aktor Untuk Melakukan Perubahan Atau “Perbedaan” Sosial, Bahkan SI Meyakini Perubahan Sosial Selalu Berada Di Tataran Individual. Apa Yang Ditawarkan SI Adalah Pemberdayaan Individual, Sedangkan Produk Yang Dihasilkan SI Adalah Gerakan Individual. SI Adalah Suatu Aliran, Mazhab, Lebih Jauh: SI Adalah Cara Berpikir.
0 Comments:
Post a Comment